Senin, 07 November 2022

Kepedulian Pemuda Indonesia


Foto : oleh Anton Derawan, 4 November 2022. Tulisan di bawah diterbitkan oleh Harian Umum Pikiran Rakyat (PR) edisi 4 November 2022

Kepedulian Pemuda Indonesia 

Fanny S. Alam. Koordinator Regional Bandung School of Peace Indonesia, Fellows of IVLP the US. Dept. of State 2020, Australia Awards for Indonesia STA 2021, and Nuffic OKP the Netherlands 2022

Sumpah Pemuda 1928 lahir bukan tanpa sebab. Ia lahir atas kepedulian para pemuda yang terhimpun dalam Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) dari seluruh daerah di Indonesia. Mereka menghasilkan Kongres Pemuda Kedua, yang dimulai tanggal 27 Oktober 1928 yang mendiskusikan semangat persatuan dan pemuda, lalu 28 Oktober 1928 membahas masalah pendidikan, terutama kebangsaan dan keseimbangan pendidikan di sekolah dan di rumah, serta pendidikan secara demokratis. Lalu, kongres juga menggarisbawahi pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain kepanduan yang sejak dini mendidik anak-anak untuk dispilin secara mandiri. Hal-hal tersebut dibutuhkan untuk mendukung pergerakan nasional yang saat itu sudah menyadari bahwa kemerdekaan di Indonesia merupakan hal yang tidak dapat ditawar.

Kongres ditutup dan lahirnya Sumpah Pemuda dengan ikrarnya yang dapat diperdengarkan hingga saat ini. Sumpah Pemuda ini lahir dari diskusi-diskusi pada kongres, dan pada rapat pertama tanggal 27 Oktober 1928, Moehammad Jamin mengungkapkan lima hal yang dapat memperkuat persatuan Indonesia, yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

Pada masa sekarang, Indonesia sudah merdeka selama 77 tahun. Berbagai kemajuan telah dicapai oleh Indonesia, baik di mata sendiri dan internasional. Menjadi tuan rumah G-20 menjadi salah satu pencapaian penting bagi Indonesia. Dari Indonesia lah dunia akan berusaha pulih dan bangkit, terutama setelah dihantam pandemi Covid-19 yang ternyata hingga sekarang masih belum berakhir. Indonesia pun sempat dianggap sebagai model negara yang berhasil dalam mengantisipasi pandemi dengan baik. G20 sendiri terdiri dari banyak forum, salah satunya adalah Y20 Indonesia yang merupakan forum dialog resmi kepemudaan seluruh dunia dengan fokus terhadap empat isu utama, yaitu ketenagakerjaan, transformasi digital, planet berkelanjutan dan layak huni, dan keberagaman dan inklusi. Di samping itu, data Badan Pusat Statistik memperkirakan bahwa 2025 adalah puncak dari bonus demografi yang selalu dikaitkan dengan sumber daya dalam suatu negara, dan Indonesia sendiri akan mendapatkannya dengan dominasi pemuda berusia produktif. Hal ini merupakan sesuatu yang dapat berguna bagi Negara, terkait peran pemuda sebagai tulang punggung pembangunan.

Tahukah Pemuda Indonesia ?

Bonus demografi yang memprediksikan bahwa pemuda usia produktif akan lebih mendominasi jumlah penduduk Indonesia secara keseluruhan dapat dimaknai dengan kemungkinan Indonesia akan jauh lebih berdaya dengan sumber daya untuk membangun. Terbayang, kelompok pemuda ini akan mengisi lebih banyak lapangan pekerjaan. Prediksi bonus demografi ini sebenarnya memperlihatkan kontra karena para pemuda baru memasuki masa pemulihan setelah dua tahun bergelut dengan pandemi Covid-19. Secara global, pemuda memasuki masa di mana memperlihatkan resiliensi karena banyaknya tantangan selama pandemi berlangsung. Banyak pemuda, terutama dari kelompok rentan, beresiko terpapar tidak hanya Covid-19 itu sendiri, namun diiringi hal-hal negatif lainnya, seperti kerentanan dipecat dari dunia kerja, tidak dapat melanjutkan pendidikan, terganggunya kesehatan mental (OECD, 2020). Selanjutnya, riset dari International Labour Organization (ILO) yang menyasar pada kelompok muda di Indonesia pada tahun 2021 memperlihatkan kerentanan mereka dalam mendapatkan pekerjaan atau dipecat dari pekerjaan karena ketidaksiapan dalam pekerjaan berbasis digital, ditambah penundaan akses terhadap dunia pendidikan.

Jika kita ingin mengaitkan dengan peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928, di mana pada Kongres Pemuda, para pesertanya mendiskusikan semangat persatuan dan pemuda, pendidikan yang demokratis sehingga menghadirkan pemuda yang paham pentingnya menjaga persatuan untuk Indonesia merdeka dan pembangunan selanjutnya, maka mereka juga  menghadapi kondisi naiknya perilaku radikalisme karena selama masa pandemi kelompok terorisme banyak merekrut kelompok muda secara daring (Amar). Kondisi ini juga memperlihatkan kerentanan mereka dalam bersikap untuk mempertahankan ideologi persatuan di Indonesia dan bagaimana mereka terpapar ideologi yang dapat merusak persatuan tersebut. Di samping itu, Indonesia juga mengalami narasi intoleransi yang signifikan selama masa pandemi. Terdapat beberapa kasus intoleransi sejumlah 422 tindakan pelanggaran kebebasan beragama dan berkeyakinan (KBB) yang terjadi di 29 provinsi. Hal ini merupakan dampak dari polarisasi dalam masyarakat, politisasi COVID-19, pelipatgandaan marjinalisasi kelompok yang terdiskriminasi terutama perempuan, dan pembatasan/pembatalan kegiatan keagamaan (SETARA, 2020)

Menjadi suatu pertanyaan juga bagaimana pemuda Indonesia melihat hal-hal di atas?

Kepedulian Pemuda Indonesia

Tidak dapat disangkal bahwa ketika pemuda Indonesia akan menjadi bagian bonus demografi dalam kunci populasi Indonesia, mereka tidak hanya ditantang untuk berdaya guna dalam unsur pembangunan, tetapi juga bagaimana mereka peduli dengan isu-isu sosial di hadapan mereka. Tidak hanya isu sosial terkait marjinalisasi secara ekonomi, namun juga terkait dengan kondisi hubungan lintas agama yang berpotensi dapat mengurangi harmoni persatuan Indonesia, yang seharusnya dapat ditingkatkan dengan keterlibatan aktif para pemuda Indonesia.

Pandemi Covid-19 merupakan gerbang yang menunda serta merusak banyak aspek kehidupan, termasuk bagi kelompok muda yang terhambat dalam masalah pendidikan, ketenagakerjaan, serta hubungan sosial yang nantinya keseluruhan terkait dengan kesehatan mental mereka. Transformasi beberapa aspek tersebut berubah menjadi bentuk digitalisasi dan hal tersebut memerlukan banyak bentuk penyesuaian agar mereka dapat bertahan di dalamnya. Untuk mengantisipasi kerentanan tersebut, sebagai salah satu contohnya adalah inisiasi Ruang Ramah Remaja yang terbentuk atas dukungan UNFPA untuk memberdayakan kelompok muda keterlibatan dan pemberdayaan dalam merespon pembangunan jangka panjang serta membentuk resiliensi pada masa tanggap darurat. Selain itu, transformasi digital memunculkan potensi e-commerce yang terus meningkat pelakunya di Indonesia, dan pelakunya didominasi kelompok muda.

Kepedulian kelompok muda dalam merespon isu intoleransi demi menjaga hubungan lintas agama dan harmoni di Indonesia lebih baik banyak muncul, bahkan selama masa pandemi hingga sekarang. Banyak ruang-ruang aman untuk menyuarakan kegelisahan serta melakukan proses advokasi kepada sesama kelompok muda terkait hal ini. Beberapa komunitas, seperti Sobat KBB (Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan), Jaringan kerja Antar Umat Beragama (JAKATARUB), serta Sekolah Damai Indonesia (SEKODI) membuktikan bahwa kerja-kerja advokasi terkait toleransi antar agama dan membentuk wadah kerja sama teman-teman muda untuk mempertahankan harmoni lintas iman terus ada melalui pertemuan-pertemuan secara digital dan berlangsung hingga sekarang.

Sumpah Pemuda adalah nafas pemuda Indonesia untuk terus menginspirasi pemuda dalam persatuan, terutama dalam kondisi yang rentan mengalami perubahan pada masa sekarang. Unsur-unsur pemersatu, seperti Bahasa Indonesia, konsep tanah air satu, serta nilai kebangsaan Indonesia, merupakan perekat bagi keberlangsungan bangsa yang seharusnya terus dihidupkan oleh kelompok muda. Dalam kehidupan ekonomi, pendidikan, serta hubungan lintas agama yang terus bertransformasi saat sekarang, tantangan untuk tetap “mempertahankan” identitas kebangsaan semakin terus muncul. Hal-hal seperti ini yang seharusnya tetap ada dalam konteks pemikiran pemuda Indonesia, apalagi dengan usaha mempertahankan resiliensi selepas pandemi, hubungan lintas agama yang masih mengalami ancaman disharmoni dalam kenyataannya. Seperti disebutkan dalam bagian sebelumnya ketika Kongres Pemuda menyebutkan pentingnya nasionalisme dan demokrasi serta pendidikan secara demokratis, maka pendidikan dalam lingkungan keluarga dan pendidikan sipil formal sekolah merupakan salah kunci penting bagi pemuda Indonesia saat ini. Kalau bukan mereka yang bergerak untuk melakukan dan mempertahankannya, bukan mungkin Sumpah Pemuda hanya akan tinggal simbol yang hanya dirayakan melalui twibbon bingkai foto, seremoni belaka karena wajib tanpa mengetahui makna dalamnya.

 

 

 



 

Our Activities are Sparkling in 2022. Let's Find Them Out!

 


From June to November 2022, our journey is still continuing. 


We do have some limitations in conducting our events, but it does not mean we stop them. 


Collaboration means a lot to us. Intiative of Change Indonesia invited us to work together for some programs 

From religions, gender and sexuality...Later on about politics and democracy and other minorities





Thank you, all the facilitators and our new members to come to learn and process together







Pemberdayaan Transpuan di Bandung, Memungkinkan?



Tulisan disajikan oleh : Anindya Rizka Ayunda, anggota SEKODI Bandung Batch IV, Guru TK Angkasa l, Yayasan Ardhya Garini. 

Perkenalan Singkat 

Pada hari Sabtu, 5 November 2022, kami, mewakili Sekolah Damai Indonesia (SEKODI) Bandung melakukan kunjungan ke Markas Srikandi Pasundan. Srikandi Pasundan itu merupakan suatu komunitas yang terdiri dari perkumpulan wanita pria (waria). Komunitas ini pada mulanya hanya perkumpulan biasa hingga menjelma menjadi yayasan dengan legalitas yang jelas pada tahun 2004.

Adapun ketuanya saat ini adalah Kak Luvhi, dan kami juga berjumpa dengan beberapa anggotanya yaitu Kak Farah, Kak Tata, Kak Ressa dan Kak Azka. Adapun yang dinamakan Dara Pasundan adalah anggotanya yang berisi para remaja. Beberapa anggota srikandi pasundan ini ada juga yang merangkap sebagai satgas lapangan agar bisa menjangkau teman-teman sebaya untuk periksa/tes hiv.

      

Komunitas Srikandi Pasundan melakukan banyak kegiatan, seperti penyuluhan kesehatan, pendataan anggota disertai juga koordinasi dengan pemerintah setempat. Ada banyak cerita menarik mengenai suka-dukanya yaitu, mulai dari datangnya bantuan berupa modal dari dinas pemerintah tertentu. Namun modal yang diberikan tak sesuai dengan yang diajukan. Lalu, dinas tersebut pernah memberikan bantuan dana untuk keperluan membuka usaha salon, padahal tidak semua anggota Srikandi ingin membuka usaha salon. Banyak dari mereka yang ingin berdagang, atau wirausaha lainnya. Masalah juga muncul di kala apa yang diajukan tidak sesuai dengan apa yang diberikan. Seperti di saat mengajukan sisir tulang yang bahannya lebih bagus, kuat dan nyaman dipakai malah dikirim sisir murah yang tentu kualitasnya lebih rendah. Disaat mengajukan shampoo yang sudah disebutkan merknya malah diberi shampoo lain yang lebih murah dan kualitasnya tidak akan sama dengan merk shampoo yang sudah diajukan. Alhasil ini membuat para anggota jadi sungkan untuk menerima bantuan dana dari dinas yang bersangkutan.  Hingga mereka akhirnya memutuskan untuk membuka usaha sendiri.

 

Masalah Datang, Namun Pemberdayaan pun Dilakukan


                                       

                                        (foto oleh Diksi Paisal)

Pada awal mula pandemi Covid, keadaan menjadi cukup darurat dan segala sesuatunya menjadi terbatas. Kak Luvhi sebagai Ketua Srikandi Pasundan berinisiatif untuk membuat program Dapur Umum. Program ini sangat membantu banyak masyarakat yang kekurangan bahan pangan. Dalam sehari bisa memproduksi sekitar 50 porsi makanan untuk dibagikan pada siapa pun yang membutuhkan.

  

Akhir-akhir ini KBBI telah menerbitkan definisi tentang Transpuan dan Transpria. Namun Ketua Srikandi Pasundan dan beberapa anggotanya menyatakan kekurang setujuan terhadap definisi baru yang ada. Mereka merasa lebih nyaman dengan sebutannya yang dulu yaitu waria (wanita-pria) karena lebih familiar ditelinga masyarakat ketimbang transpuan. Selain itu, dikhawatirkan malah akan menimbulkan miskonsepsi dan opini-opini baru di masyarakat.

 

Para anggota Srikandi Pasundan juga mengakui bahwa mereka sangat tidak nyaman jika ada panggilan-panggilan tertentu yang ditujukan pada mereka seperti "bencong", "banci" karena dianggap panggilan yang mengejek. Sebenarnya mereka telah menerima diri mereka sendiri sebagai waria (wanita-pria) mereka bangga dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Memanglah tak mudah menjadi mereka, karena seringkali mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dan prasangka-prasangka yang tidak baik. 

 

Namun untuk di kehidupan saat ini mereka merasa lebih nyaman. Karena perlakuan aparat dan masyarakat pada mereka sudah lebih baik. Mereka sudah diperlakukan layaknya laki-laki atau perempuan pada umumnya. Layaknya warga negara Indonesia yang memiliki hak dan kewajiban. Di fasilitas umum seperti balai kesehatan juga mereka sudah diperlakukan baik seperti layaknya pasien pada umumnya.

Dalam bidang pendidikan, kebanyakan dari mereka tidak melanjutkan pendidikan ke tahap perguruan tinggi. Ada beberapa alasan pribadi maupun secara sosial. Mereka berharap semoga kedepannya akan ada tirik cerah untuk mereka tetap bisa belajar dan merasa nyaman di bidang pendidikan.

Para anggota Srikandi Pasundan juga selalu menjaga komunikasi dengan para anggota Srikandi lainnya yang berada diluar daerah bandung. Seperti di Indramayu, Cirebon, Makassar, Palembang. Sang Ketua yaitu Kak Luvhi tak pernah bosan untuk memantau kegiatan mereka secara langsung maupun online (untuk yang berbeda daerah). Mereka selalu dianjurkan untuk memiliki kebiasaan yang baik seperti bercocok tanam dimulai dari menyirami tanaman di setiap paginya.

Ada pun hikmah yang dapat diambil dari kunjungan kami ini adalah diharapkan kita semua jangan memberikan prasangka negatif kepada siapa pun, terlebih teman-teman transpuan dan juga kelompok lain yang dianggap marjinal oleh masyarakat dan pemerintah, Karena kita semua sama, yaitu manusia dengan hak hidup sama dan dilindungi oleh Negara. 


Kamis, 11 Agustus 2022




Pengantar

Keberagaman di Indonesia sudah bukan menjadi hal yang perlu diperdebatkan dan sudah menjadi hal yang nyata dalam keseharian. Dalam ragam suku, Indonesia memiliki 1340 suku bangsa, terbanyak di dunia, menurut Badan Pusat Statistik dalam survei tahun 2010 yang tinggal di  17.508 pulau. Selain keberagaman dalam suku, kita semua telah mengetahui bahwa Indonesia memiliki keberagaman agama dan keyakinan yang telah diakui secara resmi, yaitu Islam, Kristen (Protestan), Katolik, Buddha, Hindu, Konghucu, dan Penghayat Kepercayaan pada Tuhan yang Maha Esa.

Kehidupan keberagaman beragama dan kepercayaan sebenarnya telah dijamin Negara, seperti yang disebutkan dalam Pasal 29 ayat 2 UUD 1945 yang menyatakan negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing, dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu, selain Pasal 28E Ayat (1), Pasal 28I Ayat (1). Hal ini sejalan dengan Pasal 18 ayat (1) International Covenant on Civil and Political Rights (ICCPR, 1966) yang juga telah diratifikasi dalam UU no 12 tahun 2005. Sebagai negara yang telah meratifikasi Kovenan tersebut, Pemerintah wajib memberikan jaminan kepada warga negaranya untuk secara bebas menentukan agama atau kepercayaan atas pilihannya sendiri serta menjalankan agama dan kepercayaannya dalam kegiatan ibadah, pentaatan, pengamalan, dan pengajaran.

 

Permasalahan

Kehidupan keberagaman, terutama dari sisi keberagamaan dan keberyakinan di Indonesia akhir-akhir ini rentan dengan banyak tantangan, terutama dengan munculnya perilaku intoleransi dan diskiminasi terhadap masyarakat beragama yang dianggap minoritas, contohnya dalam konteks Bandung dan Jawa Barat pada umumnya. Perilaku tersebut terjadi terhadap kelompok masyarakat Kristen, Ahmadiyah, Syiah. Selain itu, hal ini terjadi kepada masyarakat Hindu dan juga Penghayat Kepercayaan. Seperti yang kita telah ketahui, contohnya Bandung telah berhasil membuat beberapa gebrakan, seperti Kampung Toleransi, gerakan Bandung Rumah Bersama sebagai perwujudan rasa toleransi terhadap seluruh umat beragama tanpa terkecuali.

Namun, hal ini bukan saja tidak melihat masalah apa yang pernah muncul dan memberikan suatu catatan terhadap kehidupan bertoleransi di Bandung dan Jawa Barat. Beberapa kejadian yang masih membekas adalah dalam konteks Jawa Barat misalnya Kebijakan diskriminatif masih terbit di beberapa kota dan Kabupaten di Jawa Barat. Di Tasikmalaya, Cianjur, Kuningan, Bogor, Bekasi dan Bandung, itu masih ada gereja atau rumah ibadah agama lain yang masih disegel. Terbaru di Garut, ada Surat Edaran Pelarangan Aktivitas dan Pembangunan Masjid Ahmadiyah.

Bagaimana dengan kondisi yang dialami dengan masyarakat Hindu, Buddha, serta Penghayat Kepercayaan? Kita mungkin sudah tahu apa yang dialami oleh masyarakat Penghayat Kepercayaan yang selalu mendapatkan perilaku diskriminasi, mulai dituduh sesat, tidak beragama, hingga kesulitan mereka dalam mengakses layanan publik, seperti membuat akte kelahiran, mendaftar ke sekolah. Atau, bagaimana dengan pemandangan jarangnya pura Hindu di jalanan di Bandung? Di samping itu, bagaimana dengan pengalaman yang dihadapi oleh masyarakat Buddha di Bandung atau Jawa Barat? Pernahkah mereka mengalami tindak diskriminasi dan peminggiran?

 

Tujuan Acara

Initiatives of Changes (IoFC) Indonesia dengan programnya, TrustBuilding Program, menginisiasi perjumpaan teman-teman muda lintas agama beserta lintas lainnya. Tujuannya adalah bagaimana teman-teman muda dapat membentuk pengertian, respek, serta empati terhadap oerbedaan dan keberagaman di lingkungan sekitar dan di luarnya. Teman-teman muda merupakan bagian signifikan dalam pembangunan, terutama dengan yang dicanangkan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals.

Salah satu rangkaian acara TrustBuilding Program adalah TrustBuilding Camp, yang baru terselenggara tanggal 29-31 Juli 2022 di Bandung. Acara ini bertajuk “Heal the Past, Hope for the Future” yang bertujuan memetakan potensi konflik dan membuka cerita di balik konflik-konflik lintas agama, terutama Islam dan Kristen. Setelah memetakannya, ditambah dengan pengalaman pribadi, maka para peserta diharapkan dapat tumbuh dan pulih dari konflik-konflik tersebut dan menumbuhkan rasa percaya satu sama lain dengan teman-teman berbeda agama serta berbeda lainnya.

Dalam acara di atas, kami berfokus pada Islam-Kristen dengan konflik yang cukup mendominasi Bandung dan Jawa Barat pada umumnya. Untuk berikutnya, kami menyadari ketika berbicara mengenai isu keberagaman dan perbedaan, maka kami juga perlu melibatkan kelompok agama lainnya, seperti Hindu, Buddha, Konghucu, Penghayat kepercayaan. Sebagai tambahan, kita melihat yang lain, seperti Bahai serta Tao. Untuk itulah, kami, Initiatives of Changes (IoFC) Indonesia beserta Sekolah Damai Indonesia (SEKODI) Bandung dan Jaringan Kerja Antar Umat Beragama (JAKATARUB), berinisiatif untuk mengadakan bentuk Focus Group Discussion sebagai refleksi sekaligus mengaitkannya dengan hari Kemerdekaan Indonesia ke 77, bagaimana masyarakat dengan perbedaan agama dan keyakinan seharusnya dapat tinggal dalam harmoni, tetapi kenyataannya tidak demikian.

Rencana rincian acara adalah sebagai berikut :

Judul                                               :  Sudahkah Kita Mencapai Merdeka Dalam Arti Sesungguhnya?

Target peserta                                 : 5 orang perwakilan dari Hindu, Buddha, Penghayat Kepercayaan, Konghucu, Tao, dan Bahai. 1 Narasumber untuk Hukum, serta 15 peserta Trust Building Camp.

Tempat                                            : Masjid Mubarak, Jalan Jl. Pahlawan No.71, Sukaluyu, Kec. Cibeunying Kaler,    Kota Bandung, Jawa Barat 40123

Tanggal dan Waktu                          : 13 Agustus, 2022, pukul 09.30-14.00 WIB

Penyelenggara                                 : Tim Fasiltator Baru TrustBuilding (pemilihan siapa yang dapat bertugas akan    ditentukan selanjutnya

 

 

 

 

 



Mengintip Gerakan Anak Muda Perkuat Keberagaman dan Perdamaian


Konflik sosial yang terjadi di Bandung dan daerah lain di Indonesia seperti penutupan rumah ibadah, pelarangan kegiatan beragama, serta tindak diskriminasi lainnya cenderung memuncak seiring banyaknya potensi diskriminasi. Tak hanya itu, peminggiran terhadap kelompok-kelompok yang dianggap marjinal oleh lingkungan sekitar memperuncing persoalan ini. “Di samping itu, kelompok-kelompok tersebut juga mengalami diskriminasi yang muncul karena keadaan di daerah yang tidak mendukung keberadaan mereka,” ujar Koordinator Trust Building Camp, Miftahul Huda di Bandung. 


Melihat fenomena tersebut, Initiatives of Change Indonesia menilai sudah seharusnya potensi konflik sosial yang muncul dari perbedaan dan keberagaman dapat diatasi dan dikurangi. Salah satunya dengan melibatkan anak muda. Apalagi posisi anak muda menjadi sentral dalam membantu mengatasi konflik dan diskriminasi yang dialami kelompok agama yang dianggap marjinal. "Karena itulah kami bekerjasama dengan Sekolah Damai Indonesia (SEKODI-Bandung) dan Jaringan Kerja Antar Umat Beragama (JAKATARUB) menggelar TrustBuilding Camp Bandung pada 29–31 Juli 2022," tutur dia. Kegiatan bertajuk “Merangkai cerita baru; Heal the Past and Hope for the Future” ini melibatkan 50 anak muda.


Terdiri dari beragam suku dan budaya. Untuk kali ini pihaknya berfokus kepada kelompok Agama Kristen, Islam, serta anak-anak muda dari Papua. Huda mengungkapkan, Trust Building hadir sebagai suatu program serta gerakan anak muda untuk terciptanya ruang aman untuk berdialog, menemukan kekuatan untuk pemulihan atas luka batin serta dampak dari narasi kekerasan dan kebencian. "Tentunya untuk bersama–sama memperkuat nilai kemanusiaan, keragaman, dan perdamaian," tutur dia. Kerja sama ini merupakan inisiatif untuk sama-sama memetakan permasalahan intoleransi dan diskriminasi yang dialami kelompok marjinal beragama serta meluas kepada isu lainnya, seperti keberagaman gender.

Kerja sama ini juga hendak menghadirkan bentuk narasi lain yang berpihak kepada nilai-nilai kemanusiaan tanpa terkecuali. Sebab selama ini, narasi yang ada dalam masyarakat lebih bersifat memunculkan perbedaan dan meruncingkannya, serta berpotensi menimbulkan konflik. Program ini akan berjalan di kota Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Makassar, dan Jayapura. Para peserta terlibat dari Juni hingga Agustus 2022. Mereka berdialog, berefleksi, bermain, serta serangkaian kegiatan lainnya. Semuanya bertujuan sebagai strategi pemulihan luka dan trauma dari konflik yang dialaminya, terkait dengan hubungan lintas agama dan lain-lainnya. Program ini dapat dibilang unik karena setiap peserta memiliki kekhususan dalam relasinya berada dalam konflik dan mengatasinya, serta mereka sendiri merupakan bagian dari kelompok yang dianggap marjinal dalam lingkup sosial

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengintip Gerakan Anak Muda Perkuat Keberagaman dan Perdamaian", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2022/08/07/154420878/mengintip-gerakan-anak-muda-perkuat-keberagaman-dan-perdamaian.

Editor : Reni Susanti

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L


Rabu, 06 Juli 2022

Rumpi di Museum (Gossip at Museum)






Our visit this Saturday was different. 

Don't you see those gossiping things always come out when gathering with your friends or colleagues? Sometimes, it could be fun and attach us to a better friendship. But, sometimes it goes wrong and even ruins a friendship too and leads to hatred.

But? It won't occur with our School of Peace that always comes for the youth with peace and other social issues to gossip about. We still gossip, but that Saturday we did so about history. Yes, the history that emerged from our lovely city, Bandung, that was successfully creating an important landmark for peace and conflict resolution. History will always remember that Indonesia had just celebrated its independence with the risk of haunting colonialism since 1945. At the same time, many Asian African countries were still under colonialism as well, encouraging a lot of parties in the world to think of eradicating it while developing peace for the countries. It is believed that people all around the world are equal and deserve just as well as fair treatment and respect as a part of human rights. 

Conflicts that lead to wars always cause various drawbacks and end with the superiority of the country that starts them. Meanwhile, human rights degradation usually occurs. With a series of concerns, Indonesia took a lead in 1955 to invite Asian African countries to the Asian African Conference that was conducted in Bandung. 

And, that Saturday was our walk and gossip accompanied by the Museum educator in the Asian African Conference Museum, to figure out the history behind the conference and to remember that the meeting was a milestone for reaching peace on behalf of human rights principles and equity for all. 

By Fanny Syariful Alam


Selasa, 05 Juli 2022







Morning Walk In Circle of Peace


2 July 2022, Saturday morning. At 9 am we started our thing. 

It was absolutely an expected thing when gathering with our youth friends. They come from various religious backgrounds. Who are they?

Some come from the Mormon Church, including their elders from the USA and Semarang. Some of the others come from Hindus, Christian churches, and students of Islamic University plus Trust Building program members, and a transmen representative. 

What is behind this? 

The fantastic collaboration between us, Bandung School of Peace Indonesia (SEKODI Bandung), and the Trust Building Program (TBP) from Initiatives of Changes Indonesia, supported by Metrum, a streaming radio network for community as our media partner,  really made this gathering out. Both of us have the same mission in terms of cultivating peace for the youth through the development of understanding, empathy, and tolerance. Therefore, we can promote the eradication of suspicions among all with different cultural and social backgrounds. 

We started by walking around Taman Lansia, a public park with lots of trees and fresh air around. After some walking sessions, all of us started our stories by telling what interested and upset us. It was our great reflection due to our diverse story to practice our capacity to listen and to speak out what came to our minds without feeling fear. This is believed to intensify our empathic and tolerant minds to see our diversity. After that, we continued the session of Friends of Life by playing cards that created an exercise to share our stories, objections, and debate without offending one to another. 

In the end, we think that our diversity and difference will not interrupt our friendship. In fact, this relationship could be one of the role models for us in promoting peace amongst people with different backgrounds with no exceptions. 

By Fanny Syariful Alam