Rabu, 25 November 2020

Tulisan-tulisan Hadi Yonathan, anggota Sekodi Bandung Batch III. Silakan disimak jika berkenan

(diambil dari blog yang bersangkutan dengan permohonan ijin sebelumnya)


PENTINGNYA MEMAHAMI DIRI

😉Aku Adalah Aku😉
 
Orang terkadang ingin mengerti tentang diri orang lain tetapi dirinya sendiri tidak dimengertinya, inilah salah satu problem dalam diri setiap individu muda, yang dengan hastrat ingin terlihat tak ketinggalan zaman sampai lupa dirinya siapa, bagaimana dan seperti apa...
 Sob, selalu ingat, sebelum kita memahami diri orang disekitar kita, terlebih dahulu fahami dan kenalilah dirimu sendiri, maka apabila kita telah memahami diri pribadi, tabir penghalang mata kalbu pun akan terbuka sehingga hati kita mudah untuk memahami rasa, keadaan, perasaan kepada orang lain, baik orang dekat maupun orang yang memang hanya sepintah melewat didalam kehidupan kita.
 
Saya tahu, memahami diri sendiri itu bukanlah suatu hal yang mudah, tetapi apabila kita mau bertafakur diri, mengkaji jiwa kita, God Willing, semuanya akan terbuka dan akan kamu temui siapa diri kamu yang sesungguhnya...

Dan apabila seorang insan telah mengetahui siapa dirinya, maka akan timbul rasa malu dan rendah hati, karena akan ditemuinya wadah-wadah kesalahan dan kekurangan diri, namun dibalik itu semua manfaatnya kita bisa menjaga diri kita dari segala hal-perkara yang sungguh tidak cocok bagi diri kita.
 
Orang yang mengenal dirinya sendiri akan bisa merasakan dengan hati terlebih dahulu sebelum bertindak dengan jasmaninya, karena hati adalah pusat rasa jiwa, sedangkan tubuh hanya rasa raba saja.

Orang yang tahu jati dirinya seperti apa dan bagaimana dirinya yang sesungguhnya akan tahu dan paham bagaimana seharusnya dia berpenampilan dan berbicara, dengan bertindak sesuai dengan keadaan dirinya dan seadanya (real) tanpa mau mengikuti gaya dan image orang lain (dalam arti hal-hal yang kurang bergunanya).
 
Aku mengajak kamu sob, ayo kita berkenalan sama diri kita, dan aku nyaranin kamu jangan terlalu banyak (lama) berkaca dihadapan cermin kaca karena itu akan membuatmu sibuk merias diri dan malahan bisa membuatmu iri hati kepada orang lain yang menurutmu lebih (cantik/tampan) daripadamu, tetapi berkacalah dihadapan cermin hidup dan kebaikan, agar diri dan jiwa kita bisa mengikuti jalur hidup yang sesuai dengan hak-dan norma kemanusiaan.

(sumber: https://damaimudaku.blogspot.com/2020/08/pentingnya-memahami-diri.html)

FILOSOFI TERAS/FILSAFAT STOICISM

Halo Sahabat Web ku terkasih, puji Tuhan saya memiliki kesempatan ditengah kesibukan pribadi untuk menulis artikel di laman blogger Damai Mudaku yang diadmini oleh saya, so, akhir-akhir ini saya suka sekali belajar dasar ilmu Filsafat, dan saya banyak mengenal beberapa aliran dari ilmu filsafat tersebut, salah satunya aliran filsafat Stoicism/Stoik, yang dikenal di Indonesia dengan nama Filosofi Teras sesuai dengar arti kata Stoa [Greek:Στοά] yang dapat diartikan Beranda.

 


Madzhab Filsafat Stoik ini adalah salah satu aliran filsafat kuno yang lahir di awal abad ke-3 Sebelum Masehi, di kota Atena oleh seorang filsuf bernama Zeno orang Citium, beberapa menuliskan bahwa Filosofi Stoik ini resmi terbentuk pada abad ke 108 Sebelum Masehi.

Pada masanya aliran ini banyak sekali diikuti dikarenakan tidak bertentangan dengan norma-norma agama dan manusia, juga amat mudah difahami oleh orang awam, terlebih orang-orang yang menderita [kemiskinan] banyak mengikuti aliran ini yang bertujuan memperoleh kebahagiaan sejati ditengah jeratan kehidupan.

Setelah Bapa Zeno orang Citium mendirikan aliran filsafat Stoa ini, kedepannya mulai bermunculan filsuf-filsuf lainnya yang meneruskan aliran filosofi Stiokisem ini, yakni; Chrissipus dari Soli, Cleanthes dari Assos, SEneca MUda, Cicero, Epictetus, dan Marcus Aurelius. Kamus Filsafat Terbitan Cambridge membagi para filsuf-filsuf ini menjadi tida bagian;

Pertama angkatan Stoa awal terdiri dari Zeno orang Citium (334-262SM), Chrisipus (280-206), dan Cleanthes (331-232).

Kedua angkatan Stoa tengah yang terdiri dari Panaetius (185-110 SM) dan Posidonius (135-50 SM) dari Rhodes, yang mempengaruhi Cicero (106 SM -43 M).

Dan Ketiga angkatan Stoa akhir  atau Stoa Romawi, yakni
icero (106 SM -43 M), Seneca Muda (1-65M), Epictetus (55-135M), dan Marcus Aurelius (121-180M)

Jujur saya sangat suka dengan filosofi ini, karena bisa dianut oleh semua kalangan baik kalangan konglomerat, menengah bahkan bawah sekalipun, dimana filosofi ini mencoba menggapai kebahagiaan walaupun kita dalam keadaan susah tanpa memikirkan rasa susah tersebut.

Filosofi ini juga lebih menekankan moralitas manusia, yang mengajarkan agar kita selaku penganut Stoa menemima "narimakeun" apa yang ada, dan apa yang sudah mutlak tidak bisa dirubah gak udah dipaksakan untuk diiubah karena itulah salah satu penyebab manusia bersedih hati, filosofi teras ini menuntut kita untuk hidup sesuai hukum alam sebab dan akibat, dimana kita menghindari rasa takut akan segala hal dan menumbuhkan rasa cinta kasih dan persaudaraan sesama manusia.

Contoh apabila kita dihina orang seorang stoa tidak boleh menghina balik justru lebih baik diam saja dan gak usah dipedulikan, karena sudah hukum alam bahwa sifat manusia memang demikian, tetapi sifat seperti itu bukanlah sifat yang baik bagi seorang stoa.

Seorang stoa dituntut untuk tidak menginginkan hal-hal yang diluar kemampuannya, karena dengan keinginan yang luhur melebihi batas kemampuan pribadi dapat mempengaruhi keadaan hati sehingga apabila sudah diusahakan namun tidak berhasil malah akan membuat diri bersedih dan tidak berbahagia, stoikisem lebih menekankan kerendahan hati, menerima apa yang ada, menghilangkan fikiran-fikiran negatif dan jangan mudah terpengaruh dengan hal-hal diluar batas dirinya, selalu berfikir baik dan menghibur diri dengan kebaikan.

Para stoik meyakini bahwa Yang Mutlak memberikan nalar kepada manusia dan hewan , dimana dengan nalar manusia bisa manata kehidupan didunia, so jadi manusia ini salah satu makhluk yang penting dalam tatanan ciptaan Yang Mutlak, untuk mengatur dan mengolah segala ciptaan-Nya ini, yang berarti apabila manusia merusak tatanan alam yang ada berarti itu sama artinya mengancam kelangsungan hidupnya sendiri, dapat dfahami pula bahwa eksistensi manusia ini berkaitan eratnya dengan eksistensi lain disekitarnya.

Seorang sophis yang bijak yang diliputi ide-idenya itu harus hidup sesuai dengan idenya tersebut, para stoik dituntut untuk tidak berangan-angan dengan ide-ide yang tinggi tanpa mencoba mewujudkan ide-idenya tersebut, karena dengan demikian dapat mempengaruhi kebahagiaan diri, menyiksa batin dengan ketidak puasan karena tiada wujudnya hal yang tak dikehendaki.

Seorang Stoik juga jangan merasakan takut akan adanya kematian, hantu, kejahatan, peristiwa-peristiwa buruk yang mengganggu kebahagiaan, karena itu sudah menjadi hukum alam, bukan berarti seorang stoik melepaskan kepercayaan kepada hal-hal tersebut, tetapi mencoba meluruskan nalar kita agar tidak dikendalikan oleh emosi dan nafsu yang muncul karena hal-hal itu, dan dengan meluruskan nalar kita ini dapat mengendalikan perilaku diri dalam menghadapi segala hal tersebut.

Hidup stoik juga tidak lupa selalu melibatkan Tuhan/Sang Theos dalam kehidupan sehari-hari, sebab hidup kita ini merupakan tatanan dan ketetapan Sang Mutlak, dimana manusia juga diberikan-Nya kuasa untuk bertindak sesuai kebaikan-Nya.

 Mungkin sekian dari tulisan saya tentang Aliran Filsafat Stoicism ini, kedepannya bakal kita kupas lebih dalam lagui tentang aliran filsafat paling populer ini. Ini sekedar dasarnya saja, dan saya still have to read about it supaya bisa lebih faham dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

So, moga manfaat.

Makasih

Salam Damai!

(sumber: https://damaimudaku.blogspot.com/2020/10/mengenal-filosofi-teras-filosofi.html)



 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.