Senin, 04 Februari 2019

Membaca Kritis Tentang Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa




Sabtu, 2 Februari 2019, pukul 12 siang bertempat di Taman Balaikota Bandung, Kami dari BSOP atau Sekolah Damai Indonesia Bandung melaksanakan kegiatan siklus ke 3 dari rangkaian Membaca Kritis-Menulis Kritis-Visits dan Live In hingga April 2019 nanti. Kami mengundang  Teh Rela Susanti dan Kang Asep sebagai narasumber mengenai penghayat kepercayaan kepada Tuhan yang Maha Esa. Mereka berasal dari kelompok penghayat Budidaya, menjelaskan banyak hal yang berkaitan dengan kepercayaan mereka. Sesi dimulai dengan setiap peserta membaca teks yang sudah disiapkan narasumber, lalu saling bertanya mengenai apa yang ada dalam benak peserta setelah membaca. Sesi ini dimoderasi oleh Ary Maulana, penggiat muda BSOP/Sekodi Bandung.
Menarik untuk menyimak pertanyaan yang terkait dengan kepercayaan tersebut, seperti apakah Tuhannya, bagaimana cara ibadahnya, bagaimana dengan konsep kepercayaan apakah sama dengan agama-agama biasa, relasi sosial, bahkan hingga perkawinan antar kepercayaan yang berbeda. Hal yang paling krusial adalah bagaimana pemerintah daerah dan kota mengakomodasi kepentingan teman-teman penghayat kepercayaan dalam masalah teknis administrasi kependudukan, mulai dari identitas, surat kematian hingga proses pemakaman, dan pendidikan. 
Bagi kami, ini merupakan hal positif untuk meretas mandegnya literasi dengan mendatangkan narasumber terkait serta tulisan yang relevan. 

Selamat berkembang dan salam damai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar